Tidak perlu takut menikah muda, ini alasannya


Menikah adalah hal yang indah bagi pasangan yang saling mencintai dan sebenarnya tidak ada patokan berapa usia yang tepat untuk menikah. Asalkan memiliki kemampuan dan kematangan, menikah sangat dianjurkan untuk dilakukan.
Banyak yg mengatakan bahwa usia-usia muda merupakan usia terbaik untuk menikah. Baik dari sisi kesehatan dan psikologis, usia muda bisa dikatakan usia yang paling ideal.
Berikut beberapa alasan mengapa sebaiknya menikah di usia muda :

1. Masih rasa Pacaran

Photo via w-dog.net

Nikah di usia muda akan membuat hubunganmu dan pasangan masih kayak pacaran. Kamu dan pasangan mu masih bisa dengan santai nonton di bioskop, nongkrong di cafe atau jalan jalan ke luar kota bareng.
Sebagai pasangan menikah, kalian sudah tidak lagi punya batasan semua bisa di lakukan dengan tenang. Karena kalian sudah sah dan halal kan.

2. Lebih Bahagia

Photo via pinterest.com

Menurut riset National Marriage Project's 2013 di amerika serikat (AS), mereka yang menikah di usia muda ternyata lebih bahagia dibandingkan dengan mereka yang menunda pernikahan.
dalam penelitian tersebut menunjukan persentase tertinggi orang yang merasa sangat puas dengan kehidupan pernikahan adalah mereka yang menikah di usia 20-28 tahun.
secara fakta ilmiah menikah di usia muda bisa membuatmu lebih bahagia, jadi kenapa masih menunda untuk menikah ?

3. meraih kesuksesan bersama

Photo via thoughtcatalog.com

Banyak orang yang menunda pernikahan mereka dengan alasan masih mengejar karir tertentu atau belum sukses secara finansial, padahal menikah di usia muda justru akan membuat mu lebih semangat untuk mengejar kesuksesan.
karna kamu sudah mempunyai keluarga untuk di biayai, maka semangat dan produktivitas dalam bekerja akan meningkat di bandingkan dengan saat kamu masih bujangan.

4. Belajar Bertanggung jawab
Photo via smilepls.com

Belajar menjadi lebih dewasa dengan orang yang kita cintai adalah fase hidup yang menyenangkan. Menikah di usia muda akan membuatmu lebih dewasa dan bertanggung jawab terhadap hidup.
Masalah dalam pernikahan akan selalu ada, Kamu dan pasangan harus bisa menyiasati dan menyelesaikan segala permasalahan hidup berdua. Dari situ kalian akan belajar bertanggung jawab terhadap pasangan.

5. Emosi lebih terkontrol

Photo via pinterest.com

Menikah di usia muda terbukti lebih cepat mendewasakan pasangan tersebut. Dalam arti, menikah dan berumah tangga membuat seseorang lebih terkontrol emosinya. Ini dipengaruhi oleh ketenangan yang hadir sejalan dengan adanya pendamping dan tersalurkannya “kebutuhan batin.”
Hasil studi sosiolog Norval Glenn dan Jeremy Uecker pada tahun 2010 mendukung hal ini. Menurut hasil studi tersebut, menikah pada usia muda akan lebih bermanfaat dari sisi kesehatan dan mengontrol emosi.

6. Akan Lebih Sulit untuk berpisah
Photo via freegreatpicture.com
Kalian telah menghadapi banyak momen dan permasalahan bersama. Bahkan dengan menikah muda bisa dibilang kalian tumbuh dewasa bersama. Ketika ada masalah yang potensial membuat kamu dan dia berpisah, pendampingan dan kebersamaan panjang akan jadi pengingat bahwa hubungan ini layak untuk terus diperjuangkan.

7. Kehidupan seksual menjadi lebih hot
Photo via indiantimes.com

Pasangan yang menikah di usia 20-an cenderung melakukan hubungan intim lebih sering daripada mereka yang menikah lebih lambat. Hasil studi Dana Rotz dari Harvard University pada 2011 menunjukkan, menunda usia menikah empat tahun terkait dengan penurunan satu kali hubungan intim dalam sebulan. Sedangkan dalam tingkat kepuasan, menikah di usia muda – diantaranya dengan dukungan fisik yang masih prima- membuat suami istri lebih menikmati keadaan intim.

8. Faktor Keturunan
Photo via growingyourbaby.com
Salah 1 keuntungan menikah di usia muda adalah peluang untuk memperoleh anak lebih tinggi.
wanita pada usia 20an mempunyai resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil paling rendah yaitu sekitar 15%. maka Menikah muda membuatmu dan pasangan punya kesempatan lebih besar untuk menghasilkan keturunan dengan kualitas oke.

9. Lebih baik dalam masa depan anak anak
Photo via .linkedin.com
Menikah di usia muda memungkinkan anak sudah dewasa saat Anda pensiun. Selain itu kalian masih bisa membiayai sekolah anak sampai tuntas di saat usia masih produktif.
Tidak hanya membawa keuntungan bagi kebahagiaanmu dan pasangan. Tapi juga memberikan keadilan pada calon-calon anak kalian, orang tuanya akan lebih siap mendampinginya sampai benar-benar dewasa dan bisa dilepas.

Apakah alasan-alasan diatas cukup membuatmu yakin untuk menikah muda?
Nah, buat kamu yang sudah benar-benar matang dan siap untuk berumah tangga, tidak salah untuk meneruskan hubungan ke jenjang yang lebih tinggi.

ADVERTISEMENT